Contact Us

Jam Kerja :

Senin - Jumat : 08:00 - 17:00

Sabtu : 08:00 - 14:00

 

Tel : 021-6253887 (Hunting)

Fax : 021-62303073

My status

 

Kegunaan Oil Filter
Oli mesin yang kotor yang tercampur dengan asap dan kotoran sisa pembakaran dapat menyebabkan rusaknya fungsi mesin. Untuk itu, saringan bahan bakar (oil filter) mengatasi masalah kotoran ini dan membantu kelancaran jalannya mesin.

Asli dan Palsu
• Spring
Saringan bahan bakar asli menggunakan spring datar, sementara yang tiruan menggunakan jenis coil spring. Dalam tekanan tertentu, yang tiruan akan lebih mudah mengalami kebocoran.
• Kertas saring
Ukuran kertas penyaringan yang asli adalah 1.120cm2 sementara kerta peryaringan yang tiruan hanya kisaran 550cm2 dimana kurang dari separuh bila dibandingkan dengan ukuran Saringan bahan bakar yang asli.

Kegunaan Fuel Filter
Fungsi fuel filter adalah untuk memaksimalkan kejernihan bahan bakar (baik bensin maupun solar) melalui penyaringan untuk mencegah rusaknya fungsi pada sistim bahan bakar (spt. Pompa, Injektor, dll). Penyaringan juga berfungsi meningkatkan performance pembakaran untuk kerja mesin yang lebih baik.

Uji Perbandingan
Ketika membandingkan Saringan bahan bakar yang asli dengan yang tiruan telihat bahwa ukuran kertas saringan untuk yang asli adalah 1100cm2 sedangkan untuk tiruan hanya 806cm2 atau kurang dari 70% ukuran saringan bahan bakar yang asli. Fuel filter tiruan kebanyakan kurang bagus dalam finishingnya, membuatnya sulit untuk melakukan penyaringan yang layak. Berdasarkan uji perbadingan juga diperoleh hasil bahwa tiruan hanya mampu bertahan pada tekanan 1.3Mpa, sementara yang asli bertahan pada tekanan hingga 3.7Mpa.

Waspadai hal berikut ini bila menggunakan Saringan bahan bakar palsu
- Fuel Pump: Penggantian terlalu cepat dan daya tahannya rendah untuk material dari luar.
- Pressure Regulator: Tekanan yang tidak teratur dapat menimbulkan kerusakan
- Injector: Saluran yang tersumbat bisa berakibat pada kegagalan akselerasi dan starting mesin
- Engine: Kerusakan atau penggantian cylinder.

Copyright © 2014 Riau Tama Jaya.